Cara Mengatasi HP "Lag" Saat Main Game

Game memang menjadi obat tersendiri untuk keseharian kita. Baik itu tua, muda, terlebih bagi anak-anak. Untuk anak remaja, game bahkan bisa menjadi hal yang wajib. Contoh mudahnya saja, dulu ketika lagi booming game COC, teman satu klan ada juga yang sudah berkeluarga dan berumur 23-25 tahunan main game tersebut. Dan itu setiap hari dimainkan. Buktinya, dia setiap hari chat dengan kita.

Nah sekarang game apa yang lagi booming?

Mobile legend, AOV dan lainya. Game online tersebut memang lagi nge-hits untuk sekarang ini. Berbondong-bondong para gamers memainkan game tersebut. Namun, game tersebut ternyata seringkali lag ketika dimainkan.

Handphone Lag

Apa itu lag?

Jawaban mudahnya ialah terlambat dalam merespon perintah.

Jadi jika kita ingin membelokkan game yang kita mainkan, maka jika sedang terjadi lag game tersebut akan telat merespons, bahkan bisa juga macet atau hang (not responding)

Bagaimana cara mengatasi lag?

Nah berikut pengalaman mudah yang bisa saya bagikan untuk mengatasi lag pada handphone kita.
  • Pilih game yang sesuai dengan ram pada handphone kita
Nah cara mudah untuk mengatasi lag handphone pada saat main game kita di wajibkan pintar-pintar milih mana game yang sekiranya cocok untuk dipasang pada handphone kita. Misalkan saja, kita ingin memasang game mobile legends. Tak masalah memang ketika itu dipasang pada hp ram 2gb. Namun cobalah anda memasang pada handphone ram 1gb. Maka game tersebut akan sangat sulit untyk dimainkan.

Lalu apa itu ram?

Ram (Random Acces Memory) adalah suatu komponen yang bertugas untuk membaca memory dengan cepat. Ram juga bertugasa untuk menyimpan data sementara.

Jadi, ketika kita memasang beberapa aplikasi dalam handphone kita lalu membukanya, maka disitu ram bertugas membaca memory kita serta bertugas menyimpan sementara data yang berjalan. Otomatis ukuran dalam ram handphone kita berkurang.

Untuk itu, pintar-pintarlah memilih game yang ingin dimainkan dalam handphone kita sendiri.
  • Merestart handphone
Restart adalah mengulangi atau menghidupkan kembali kinerja handphone kita. Ini adalah cara mudah agar kita bisa lebih leluasa jika ingin memainkan game. Cara ini juga sudah saya terapkan dan sampai sekarang masih saya lakukan jika ingin bermain game.

Mengapa merestart handphone bisa mempengaruhi kelancaran dalam bermain game?

Karena beberapa aplikasi dalam handphone kita masih belum banyak yang terbuka. Jadi, ram masih lega dalam membaca memory.
  • Menstabilkan jaringan handphone
Untuk game online, maka jaringan harus bener-bener diperhatikan. Karena, bila jaringan pada handphone kita susah, sudah pasti game yang akan kita mainkan pasti akan terasa berat. Namanya juga game online, sudah pasti sangat bergantung pada jaringan. Bila kamu suka main game, maka tak ada salahnya pintar-pintar memilih provider yang jaringanya bagus ditempat kamu.
  • Tutup aplikasi yang tidak dipakai
Terkadang kita seringkali membuka beberapa aplikasi sekaligus. Misalkan habis membuka browser lalu membuka instagram, setelah itu buka lagi whatsapp. Hal seperti ini telah menguras banyak ram. Dan jika aplikasi tersebut tidak dikeluarkan, otomatis kinerja handphone kita menjadi lambat.

Bagaimana cara menutup aplikasi yang berjalan?

Pada beberapa device biasanya cara shutdown aplikasi itu terdapat pada pojok kiri bawah. Itu pada xiaomy atau lenovo atau oppo. Dan untuk device samsung maka tinggal pencet tombol home saja.

  • Hapus aplikasi yang tidak diperlukan
Seringkali, kita tak menggubris sisa space atau tempat internal dalam handphone kita. Meskipun memory external kita banyak, tetap saja memory internal akan berkurang ketika kita memasang aplikasi. Dan otomatis, memory pada handphone berkurang. Ketika memory handphone tersisa sedikit, sudah otomatis kinerja handphone pasti lambat. Maka, sering-seringlah melihat sisa memory internal anda.
  • Memindahkan aplikasi ke memory external
Cara seperti ini harus disertai dengan langkah rooting handphone

Root adalah proses modifikasi sistem android. Sehingga kita bisa dengan leluasa memiliki akses handphone tanpa batas.

Ketika kita sudah memiliki akses tanpa batas, maka kita bisa dengan mudah memindahkan aplikasi yang ada di memory internal dipindahkan ke memory external.
  • Memasang tweak
Apa itu tweak?
Tweak adalah sebuah fasilitas yang dapat membantu sistem operasi pada android.

Tweak ini dapat dipasang melalui aplikasi atau langsung di pasang pada sistem androidnya. Keuntungan yang di dapat ketika kita memasang tweak ini adalah kinerja sistem operasi android dapat optimal, memory lebih lega, dan juga bisa menambah performa android.
  • Melakukan custom rom
Apa itu custom roms?
Custom rom ialah memodifikasi rom atau firmware sesuai keinginan kita. Bisa juga dinamakan mengubah firmware bawaan (stock rom). 

Kegunaan custom rom ialah menambah kinerja proses android. Sehingga mempunyai kemampuan serta keandalan melebihi kinerja proses yang ditawarkan.

Kesimpulan

Untuk beberapa handphone, beberapa cara diatas tak bahaya untuk dilakukan. Namun, untuk melakukan rooting dan juga custom roms sebaiknya anda memikirkan matang-matang.

Segala sesuatu yang terjadi pada handphine anda bukan tanggung jawab saya.

0 Response to "Cara Mengatasi HP "Lag" Saat Main Game"

Post a Comment